Tuesday, November 24, 2015

Sekolah di seminar

Dalam tiga bulan ini saya sering ikut seminar dan pelatihan. Hal yang seingat saya sudah dua tahun lebih tidak saya ikuti.

Kata seorang kawan : Ayo ikut, gratis dan daripada kamu upyek terus di lab. Belajar di kampus lain.

Dan berangkatlah kami pagi itu. Saya siap dan bersenang hati. Seminar mengenai pengelolaan sumber daya alam indonesia melalui bioteknologi. Rindu dan rasanya seperti batere yang kelar dicharge, terisi kembali. Hasrat ingin sekolah lagi juga muncul (lagi). Apalagi universitas tersebut tahun depan akan membuka S2 Bioteknologi. :)

Beberapa minggu setelahnya ada pelatihan bioinformatika. Didaftarkan oleh Bu Dosen. Hehehe. Terima kasih, Ibu. Pemateri dari Universitas Brawijaya, beliau ciamik. Serius. Satu hal yang saya ingat dari pelatihan ini adalah gen on-off. Gen memiliki kemampuan untuk meng-on dan meng-off kan dirinya sendiri, dan itu tergantung dari pikiran ketika. Semacam sugesti. Jika kita berpikir kita sakit, maka kita sakit. Gen sakit akan on. Dan satu lagi yang saya ingat. Orang yang berbahagia karena memberi kebahagiaan (bantuan) kepada orang lain dengan tulus tanpa maksud apapun, seluruh gen penyakit degeneratif dalam tubuhnya akan off. Dan sebaliknya, orang yang berbahagia karena dirinya sendiri, karena dia kaya, pandai, pokoknya karena kebanggaan akan dirinya sendiri, gen-gen penyakit degeneratif dalam tubuhnya akan on. Medeni to.

Pelatihan berikutnya, sebenarnya ini pelatihan untuk orang-orang kimia. Tapi karena ya itu tadi setelah mengikuti beberapa seminar dan pelatihan rasanya kok bahagia maka pelatihan yang ini tidak saya lewatkan. Biarpun saya selalu merasa agak lamban memahami kimia. Berbekal PD berangkat ke universitas yang jarang saya datangi. Memperhatikan plang arah dan bertanya. Sampailah saya di sana dengan selamat dan sumringah. Dan dapat kawan baru. Di pelatihan tersebut saya diajak menjelajah laboratorium mereka. Dan alatnya oiiiiii canggih. Well...saya gumun. Hahahaha. Pelatihan yang menyenangkan plus dapat kawan baru.

Nah yang terbaru ini masih anget, baru saja kemarin minggu, 22 Nopember 2015. Seminar genetika dan hematopsikiatri. Dari seminar ini saya seperti ditarik ke masa beberapa tahun yang lalu, ketika saya mengagumi forensik. Forensik yang akhirnya membawa saya tertarik penelitian DNA. Dan Universitas Brawijaya kembali memukau saya. Hohoho.

Piye Dan?! Sekolah atau menikah? Hehehehe.

Selasabahagia.

No comments:

Post a Comment